IMG-LOGO

Beranda Berita Peningkatan Kompetensi Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi
Pendidikan

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi

by salmani - 29 September 2019
IMG

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi

Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara, antara lain: melalui peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, pelatihan dan pendidikan, atau dengan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran dan nonpembelajaran secara profesional lewat penelitian tindakan secara terkendali
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) di tahun 2019 menyelenggarakan Program Peningkatan Kompentensi Pembelajaran (PKP). Pelaksanaan program ini dilakukan melalui zonasi. Zonasi yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan kelompok kerja guru di wilayah misalkan Pusat Kegiatan Guru (PKG) untuk jenjang TK, Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk jenjang SD, Musyawarah Guru Bimbingan dan Pembelajaran (MGMP) untuk SMP, SMA, dan SMK. Mungkin banyak yang bertanya, apa itu PKP? Apa berbedaan dengan PKB, atau bagaimana pelaksanaan PKP tahun 2019
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PKP ini berorientasi pada Higher Other Thingking Skill (HOTS).

Dalam kegiatan PKP guru akan dibekali dengan kemampuan bagaimana membuat perencanaan pembelajaran (RPP) yang berorientasi HOTS, melaksanakan pembelajaran berorientasi HOTS, dan melaksanakan penilaian yang juga berorientasi HOTS.

Apa Sih Perbedaan PKP dengan PKB
Di tahun 2017-2018, kita mengenal Guru Pembelajar yang diluncurkan di tahun 2016. Tentu banyak yang bertanya apa perbedaan PKP dengan PKB. Berikut merupakan dua perbedaan utama PKP 2019 dengan PKB Guru Pembelajar.

1. PKB Guru Pembelajar berorientasi pada peningkatan kompetendi substansi/profesional guru, sedangkan PKP tahun 2019 berorientasi pada peningkatan pembelajaran (How to teach)
2. PKB Guru Pembelajar berbasis pada hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015, sedangkan PKP Tahun 2019 berbasis pada hasil UN dan USBN.

Demikian informasi tentang Program PKB dan PKP Berbasis Zonasi Tingkat SD dan Guru Semua Mata Pelajaran Semoga bermanfaat dan Terima Kasih