PENDIDIKAN DASAR

 

Bidang Pendidikan Dasar

1.     Bidang Pendidikan Dasar dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung         jawab kepada Kepala Dinas.

2.     Kepala Bidang Pendidikan Dasar mempuyai tugas mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas-tugas bidang         pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan dasar yang meliputi kurikulum, pengajaran, tenaga pendidikan dan          kesiswaan.

3.     Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Ayat (2), Kepala Bidang Pendidikan Dasar menyelenggarakan fungsi:

        a.    penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program kerja bidang pendidikan dasar;

        b.    penyiapan bahan pedoman, bimbingan teknis dan koordinasi dalam penerapan standar pelaksanaan program kerja pendidikan dasar;

        c.    penyiapan bahan pengawasan, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan program kerja kegiatan penyusunan kurikulum, pengajaran dan kesiswaan pada jenjang pendidikan SD dan SMP;

       d.     penyiapan program peningkatan mutu pada pendidikan dasar;

       e.     evaluasi dan pelaporan tugas bidang pendidikan dasar sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;

       f.      pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya. 

 


Bidang Pendidikan Dasar membawahi:

a.        Seksi Pembinaan Sekolah Dasar ( SD );

b.        Seksi Pembinaan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

c.        Seksi Pembinaan Kesiswaan

 

 

 I.         Seksi Pembinaan Sekolah Dasar ( SD )

 

  1. Seksi Pembinaan Sekolah Dasar ( SD ) dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab Kepada Kepala Bidang Pendidikan Dasar.
  2. Kepala Seksi Pembinaan Sekolah Dasar ( SD ) mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas kurikulum pengajaran, Ketenagaan dan Kesiswaan pada jenjang pendidikan dasar.
  3. Rincian tugas sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) ini adalah:

 

a.        Menyusun program kerja Seksi Pembinaan Sekolah Dasar (SD) sesuai ketentuan yang berlaku;

 

b.        Membagi tugas kepada bawahan sesuai jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik;

 

c.        Mengumpulkan bahan dan informasi berbagai peraturan untuk menyusun pedoman pelaksanaan, norma, standar, prosedur kerja dan bimbingan teknis sebagai dasar pelaksanaan kegiatan penyusunan kurikulum dan pengajaran, tenaga pendidik dan Kependidikan, kesiswaan;

 

d.        Melaksanakan koordinasi dan supervisi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada Sekolah Dasar;

 

e.        Melaksanakan sosialisasi dan struktur kurikulum Sekolah Dasar;

 

f.         Melaksanakan sosialisasi dan implementasi standar isi dan standar kompetensi lulusan Sekolah Dasar;

 

g.        Melaksanakan dan fasilitasi implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar;

 

h.        Melaksanakan pengawasan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada sekolah Dasar;

                 i.          Melakukan pengawasan soal-soal standar dari kurikulum nasional dan muatan lokal Sekolah Dasar;

 

j.          Memfasilitasi pemberian rekomendasi kegiatan kompetisi olahraga pelajar dan pekan olahraga pelajar pada Sekolah Dasar;

 

k.        Menyelia pelaksanaan tugas penyusunan kurikulum dan pengajaran agar sesuai dengan rencana;

 

l.          Membina, menilai dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan untuk pertimbangan pengembangan pegawai.

 

m.      Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pembinaan SD sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;

 

n.        Menyusun rencana kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan untuk SD  sesuai kewenangan;

 

o.        Memfasilitasi pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan PNS untuk SD;

 

p.        Menyusun pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan PNS SD;

 

q.        Mengusulkan peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan pendidik dan tenaga kependidikan;

 

 

 

r.         Memfasilitasi pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan PNS pada SD;  sesuai ketentuan yang berlaku;

 

s.        Memfasilitasi mutasi pendidik dan tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan SD;

t.         Menyiapkan rumusan kebijakan dalam penetapan angka kredit jabatan fungsional tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada SD;

u.        pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

 

II.          Seksi Sekolah Menengah Pertama ( SMP )

 

1.        Seksi  Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pendidikan Dasar.

 

  1.     Kepala Seksi Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan     pelaksanaan pendidikan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

 

3.        Rincian tugas sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) ini adalah:

 

 

a.        Menyusun program kerja Seksi Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) sesuai ketentuan yang berlaku;

b.        Membagi tugas kepada bawahan sesuai jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik;

c.        Mengumpulkan bahan dan informasi berbagai peraturan untuk menyusun pedoman pelaksanaan, norma, standar, prosedur kerja dan bimbingan teknis sebagai dasar pelaksanaan kegiatan penyusunan kurikulum dan pengajaran, tenaga pendidik dan Kependidikan, kesiswaan;

d.        Melaksanakan koordinasi dan supervisi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada SMP;

 

e.        Melaksanakan sosialisasi dan struktur kurikulum SMP;

 

f.         Melaksanakan sosialisasi dan implementasi standar isi dan standar kompetensi lulusan SMP;

 

g.        Melaksanakan dan fasilitasi implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan SMP; 

 

h.        Melaksanakan pengawasan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada SMP; 

 

i.          Melakukan pengawasan soal-soal standar dari kurikulum nasional dan muatan lokal SMP; 

 

j.          Memfasilitasi pemberian rekomendasi kegiatan kompetisi olahraga pelajar dan pekan olahraga pelajar pada jenjang pendidikan SMP; 

 

k.        Menyelia pelaksanaan tugas penyusunan kurikulum dan pengajaran agar sesuai dengan rencana;

 

l.          Membina, menilai dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan untuk pertimbangan pengembangan pegawai.

 

m.      Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi SMP sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;

 

 

n.        Menyusun rencana kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan untuk SMP  sesuai kewenangan;

 

o.        Memfasilitasi pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan PNS untuk SMP; 

 

p.        Menyusun pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan PNS pada SMP; 

 

q.  Mengusulkan peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan pendidik dan tenaga kependidikan;

 

 

r.         Memfasilitasi pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan PNS pada SMP;  sesuai ketentuan yang berlaku;

 

s.        Memfasilitasi mutasi pendidik dan tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan SMP;

t.         Menyiapkan rumusan kebijakan dalam penetapan angka kredit jabatan fungsional tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada SMP;

u.        pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

 

III.        Seksi Peningkatan Mutu

  1. Seksi Peningkatan Mutu  mempunyai tugas :

Melaksanakan pembinaan peningkatan mutu, menyusun standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur, memberikan bimbingan teknis dan evaluasi satuan pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan, siswa SD dan SMP;

2.        Melaksanakan pembinaan peningkatan mutu, menyusun standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur, memberikan bimbingan teknis dan evaluasi satuan Pendidikan,Tenaga pendidik dan Kependidikan dan kesiswaan SD dan SMP;

3.        Untuk  melaksanakan  tugas  tersebut  seksi Peningkatan  Mutu  satuan Pendidikan,Tenaga pendidik dan Kependidikan dan kesiswaan mempunyai fungsi :

 

a.        Menyusun program kerja Seksi Peningkatan Mutu sesuai ketentuan yang berlaku;

b.        Membagi tugas kepada bawahan sesuai jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik;

c.        Mengumpulkan bahan dan informasi berbagai peraturan untuk menyusun pedoman pelaksanaan, norma, standar, prosedur kerja dan bimbingan teknis sebagai dasar pelaksanaan peningkatan mutu satuan Pendidikan, tenaga pendidik dan Kependidikan, dan kesiswaan;

d.        Menyusun rencana dan program kerja seksi Peningkatan Mutu berdasarkan kebijakan di bidang pendidikan Dasar;

e.        Melaksanakan program peningkatan mutuSatuan Pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, dan Kesiswaan;

f.Memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang peningkatan mutu Satuan Pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, dan Kesiswaan;

g.        Memberikan bimbingan teknis, supervisi, dan evaluasi di bidang pembinaan profesi, penghargaan, dan perlindungan bagi pendidik;

h.        Mengumpulkan dan mengolah data serta pemetaan mutu satuan pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan serta kesiswaan;

i. Melaksanakan peningkatan mutu siswa melalui kegiatan lomba-lomba akademis dan non akademis;

j. Melaksanakan peningkatan mutu guru, Kepala Sekolah  melalui kegiatan lomba-lomba akademis dan non akademis, Kepala Sekolah Prestasi dan Guru Prestasi;

k.        Melaksanakan peningkatan mutu guru melalui karya tulis ilmiah, PTK, seminar, simposium dan sejenisnya;

l. Melaksanakan Uji Kompetensi Guru, Sertifikasi guru dan kualifikasi guru;

m.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan sekolah model, sekolah rujukan di tingkat SD dan SMP

n.        Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan sekolah model, sekolah rujukan, dan sekolah unggulan Daerah di tingkat SD dan SMP;

o.        Melaksanakan pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada tingkat SMP;

p.        pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.