Selemat datang di Website Resmi DISDIKPORA Penajam Paser Utara
23 September 2025
Sistem Penjaminan Mutu
Dengan pendampingan Sekolah segera menganalisis Rapor Penjaminan Mutu dilanjutkan dengan melakukan program pembenahan. Pelaksanaan pembenahan dilakukan melalui Lk dan diunggah pada format EDS pada fitur PATUH Dikdasmen.
Penyamaan Persepsi Pembelajaran Mendalam.
Pembelajaran Mendalam bukan kurikulum. Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan dalam proses pembelajan dengan tujuan yang juga mengacu pada 8 profil lulusan. Pembelajaran Mendalam harus difahami dan dilaksanakan di sekolah dengan pendampingan oleh pengawas sekolah. Pembelajaran mendalam terdiri dari 8 profil lulusan, 3 prinsip pembalajaran, 3 pengalaman belajar dan 4 kerangka pembelajaran mendalam. Kepala sekolah dengan pendampingan Pengawas satuan melakukan supervisi untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran. Intrumen berupa telaah Perencaan Pembelajaran Mendalam (PPM) dan Instrumen Observasi Pelaksanaan Pembelajaran.
Supervisi kepala sekolah terhadap implementasi pembelajaran mendalam (deep learning) memiliki peran penting dalam memastikan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Fungsi supervisi ini mencakup beberapa aspek utama yang mendukung efektivitas pembelajaran mendalam, yaitu pendekatan pembelajaran yang menekankan pemahaman konsep secara mendalam, keterampilan berpikir kritis, dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.
Kesimpulan:
Fungsi supervisi kepala sekolah terhadap implementasi pembelajaran mendalam adalah untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif, inovatif, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa. Melalui perencanaan, pemantauan, pemberdayaan guru, dan pengelolaan sumber daya, kepala sekolah berperan sebagai pemimpin pendidikan yang memfasilitasi terciptanya pembelajaran yang bermakna dan mendalam bagi siswa.
Sosial Media